Kursi DPRD Pinrang Bertambah


Kantor DPRD Kab. Pinrang
PINRANG,CAKRAWALA - Jumlah Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pinrang pada Pemilihan Legislatif 9 April 2014 mendatang, bakal bertambah dari 35 Kursi menjadi 40.

Kursi itu bersumber dari Daerah Pilihan (Dapil) I meliputi Kecamatan Lembang, Duampanua dan Batulappa sebanyak 11 kursi, sedang dapil II (Patampanua, Cempa dan Mattiro Sompe) yang sebelumnya merupakan wilayah III pada Pemilu Legislatif 2009 lalu dengan jumlah kursi sebanyak 9 kursi.

“Dapil III merupakan dapil yang terbanyak mendapat kuota dengan jumlah 12 kursi,” kata Ketua KPU kabupaten Pinrang Jamaluddin, Kamis 2 Mei.

Dia mengatakan, dapil III ini meliputi Kecamatan Watang Sawitto, Paleteang dan Tiroang, sedangkan daerah Pemilihan IV meliputi kecamatan Mattiro Sompe, Suppa dan Lanrisang.

“Data pemilih yang digunakan pada Pemilukada dengan Pemilihan Legislatif akan berbeda,”

Diketahui, Jumlah pemilih yang memiliki hak suara pada Pemilihan Gubernur 22 Januari lalu, lebih tinggi dari DPT untuk pemilukada 18 september mendatang, Sebab DP4 yang saat ini memasuki proses pemuktakhiran Untuk pemilihan Kepala Daerah 264 ribu lebih, sedangkan DP4 untuk pemilihan Legislatif mencapai 315 ribu lebih.

“Acuan kami adalah data berdasarkan basis E-KTP,” terangnya.

Menurutnya, KPU akan intens mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi Legislatif mendatang, sehingga angka Partisipasi masyarakat dapat memenuhi target KPU yakni 70-75 persen.

“Untuk Pemilukada, target itu tidak terlalu sulit untuk dipenuhi,” terangnya.

Pasalnya, setiap bakal calon pasti akan berupaya semaksimal mungkin, untuk mendatangkan pendukungnya ke bilik bilik suara.

“Jika pendukungnya sakit, tentu tim itu akan menjemputnya, agar suara mereka tidak terbuang percuma,” pungkasnya.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Pinrang Andi Syamiluddin mengatakan, penambahan kursi di legislatif Pinrang itu membuka peluang bagi Partai yang baru mengikuti pemilihan legislatif, seperti Parpol yang dipimpinnya.

“Besar peluang kami untuk mendapatkan kursi di DPRD Pinrang,” kata Calon Legislatif yang bertarung di dapil III ini.

Menurutnya, Syamiluddin setiap DPD, DPW dan DPP Partai Nasdem ditarget untuk mendapatkan 1 Fraksi pada pemilihan Legislatif mendatang dan penambahan kursi, membuka peluang untuk memenuhi target yang di bebankan kepada Partai yang dipimpin Surya Paloh tersebut.

“Kami optimistis untuk memenuhi target tersebut,” harapnya.

Adapun Jumlah pemilih yang tercatat pada Daftar Pemilih Tetap ( DPT) di kabupaten Pinrang pada Pemilihan Gubernur lalu sebanyak 298.236 terdiri dari 144.506 Laki laki 153.730 perempuan yang tersebar di 683 TPS. (kr2/mri)

Jumat, 03 May 2013 11:25
http://cakrawalaberita.com/politik/kursi-dprd-pinrang-bertambah

0 komentar: